Pengembangan LKPD Materi Klasifikasi Tumbuhan Berdasarkan Identifikasi Tumbuhan Angiospermae di Sekitar SMP Karsa Madya Tanjungsari

Authors

  • Sispia Fuji Indrawati Universitas Negeri Islam Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Iwan Ridwan Yusup Universitas Negeri Islam Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Mar’tus Sholika Universitas Negeri Islam Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Keywords:

Student Worksheets, Plant Classification, Angiosperm

Abstract

Natural science covers a wide range of aspects related to the environment. Utilizing the environment as a source of teaching material in student worksheets is considered to enhance students’ understanding because it makes learning more relevant and helps students develop their scientific abilities, making the learning process more meaningful. This study aims to describe the development and analyze the validity of student worksheets on plant classification material based on the identification of angiosperm plants around SMP Karsa Madya – YKM Tanjungsari. The development of this student worksheets uses the 3-D model (define, design, and develop), data from the identification of angiosperm plants around SMP Karsa Madya Tanjungsari is used as study source in the student worksheets. The research results show that the developed worksheet is suitable for use in learning activities, with expert validation percentages of 64.8% for content experts, 86.7% for media experts, and 89.5% for subject teachers. Additionally, the readability test resulted in a percentage of 83%, categorized as very good.

References

Aldya, R. F., We, A. V. T., & Mitasari, Z. (2022). Pengembangan Modul Kontekstual Pembelajaran IPA Pada Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 186-191.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Budiastuti, P., Soenarto, S., Muchlas, M., & Ramndani, H. W. (2021). Analisis tujuan pembelajaran dengan kompetensi dasar pada rencana pelaksanaan pembelajaran dasar listrik dan elektronika di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 39-48.

Garnasih, T. (2018). Kemampuan siswa dalam mengelola extraneous cognitive load pada pembelajaran klasifikasi tumbuhan dengan menggunakan apersepsi tayangan video. Jurnal BIOEDUIN, 8(2), 29-33.

Handayani, I. M., Pujiastuti, E., & Suhito, S. (2014). Keefektifan Auditory Intellectually Repetition Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Penalaran Peserta Didik SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(1), 1-9.

Indriani, I. (2022). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah Sambina’e Kota Bima. Fashluna, 3(2), 106-116.

Janah, P., Subhani, A., & Haritani, H. (2022). Pengembangan Media Gambar dengan Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(2), 429-443.

Juliyanti, E. M., Yani, A. P., & Irawati, S. (2020). Pengembangan LKPD SMA Berdasarkan Keragaman Tanaman Obat Masyarakat Desa Pondok Panjang Mukomuko. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 1-9.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Bumi Aksara.

Kusuma, N., Mujib, A., Syahputra, E., & Ariswoyo, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 39-45.

Mildaty, M., Muldayanti, N. D., & Sunandar, A. (2022). Validitas Lkpd Pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA Santun Untan Berbasis Discovery Learning Berdasarkan Potensi Lokal Tumbuhan di Taman Digulis Pontianak. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya, 9(1), 29-37.

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) untuk mengakomodasi keberagaman siswa pada pembelajaran tematik kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3), 903-913.

Pribadi, R.A., Sailendra, D. P., dan Azmi, F. (2022). Pendekatan Saintifik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 pada Peserta Didik Sedolah Dasar. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, Vol 9(1) :43-56.

Purwandari, E., & Hasanah, R. (2022). Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal Batik Gajah Oling Banyuwangi Pada Materi Klasifikasi Tumbuhan Untuk Siswa SMP/MTs. Experiment: Journal of Science Education, 2(2), 1-9.

Purwanto, M. Ngalim. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rifai, M. R., Kurniawan, R. A., & Hasanah, R. (2020). Persepsi Mahasiswa dalam Menggunakan Aplikasi Plantnet pada Mata Kuliah Klasifikasi Makhluk Hidup. Vektor: Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 29-38.

Sarip, M., Amintarti, S., & Utami, N. H. (2022). Validitas dan keterbacaan media ajar e-booklet untuk siswa SMA/MA materi keanekaragaman hayati. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 43-59.

Sulfemi, W. B. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1).

Susilo, M. J. (2018). Analisis potensi lingkungan sekitar sebagai sumber belajar biologi yang berdayaguna. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 15 (1), 541-546.

Downloads

Published

2024-10-31

Citation Check